Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Thursday, January 29, 2015

, ,

Gunung Gede-Pangrango

Jumat, 9 Mei 2014

GUNUNG GEDE (2.958 mdpl)

Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango (TNGGP) merupakan salah satu taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980 yang terletak di antara 3 wilayah kabupaten yaitu Bogor, Cianjur dan Sukabumi. Taman nasional ini memiliki dua puncak yakni Gunung Gede dengan ketinggian 2.958 mdpl dan Gunung Pangrango dengan ketinggian 3.019 mdpl yang mana kedua puncak ini dihubungkan oleh lembah bernama Kandang Badak dengan ketinggian 2.393 mdpl.
Tanggal 9 Mei 2014 kami berangkat dari Jakarta, tepatnya Stasiun Tebet sebagai meeting point pertama bagi pendaki asal Jakarta, menuju stasiun Bogor dengan KRL pukul 21.00 WIB. Setibanya di Stasiun Bogor pkl. 21.45, kami menunggu pendaki asal Bogor yang tak lama kemudian tiba dan sudah siap dengan ‘angkot’ sewaan, duduk rapih dengan banyak tas di dalamnya. Pukul 22.25 kami bertujuh memulai perjalanan ‘gila’ ini melalui jalur Tajur menuju Cipanas.

10 mei 2014

Base camp Gunung Putri

Maka mulailah perjalanan gila kami. Setibanya di depan istana cipanas, kami hilang arah dan terpaksa harus bertanya arah jalan dengan penduduk setempat yang sedang jaga malam (waktu menunjukkan pkl. 01.00). Setelah melanjutkan perjalanan berdasarkan petunjuk, angkot yang kami tumpangi tidak kuat menanjak sambil mengangkut 7 orang beserta tas-tas yang dibawa. Setelah 20 menit berjuang menanjak dan di hadapan kami tanjakan semakin curam, maka kami memutuskan untuk mulai berjalan kaki menuju Base Camp Gunung Putri.
Setelah 2 jam berjalan kaki, pukul 04.30 kami tiba di Base Camp Gunung Putri dan langsung melaporkan semua barang bawaan beserta anggota pendaki dengan menunjukkan Surat Izin Memasuki Area Konservasi atau disingkat SIMAKSI (SIMAKSI diperoleh setelah melakukan pendaftaran pendakian secara online 30 hari sebelum hari pendakian, dengan minimal pendaki adalah 3 orang yang masing-masingnya dikenakan charge Rp17.000).

Kami memutuskan untuk beristirahat sejenak di sini. Pukul 09.00 kami memulai perjalanan menuju Alun-alun Surya Kencana. Ladang sawah menjadi pemandangan awal perjalanan kami.

5 menit dari base camp

5 menit dari pos Legok Leunca

Selama beberapa jam perjalanan, kami beristirahat sejenak di beberapa pos yang semakin menanjak seperti Pos Legok Leunca (Pos I), Pos Buntut Lutung, Pos Lawang Sekateng, Pos Simpang Maleber.
Waktu yang ditempuh menuju Alun-alun Surya Kencana seharusnya 4-6 jam, tapi karena kami sudah cukup lelah pada perjalanan menuju Base Camp Gunung Putri, maka Kami tiba di Alun-alun Surya setelah melakukan perjalanan selama 9 jam lamanya. Alun-alun Surya Kencana terletak di ketinggian 2.750 mdpl merupakan dataran seluas 50 ha yang dipenuhi hamparan bunga edelweiss.

Alun alun Suryakencana 1

Alun alun Suryakencana 2

Pacar di alun alun Suryakencana hehe

11 mei 2014
Kami melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung gede pkl. 11.30 yang sempat disambut mendung dan hujan rintik. Jalur yang kami lalui untuk menuju Puncak memiliki kemiringan sekitar 45-60°.

Menuju puncak

SUMMIT ATTACK
1.5 jam perjalanan dan akhirnya kami mencapai Puncak Gunung Gede ketinggian 2.958 mdpl.

Puncak ( dari kiri : Ayong,Catherine,Febby,gue,Elsa. yang duduk : Audrey,Philip)

Gue dan pacar hehe

Jalur turun yang kami tempuh adalah jalur menuju Cibodas. Salah satu keunikan jalur ini adalah tanjakan/turunan setan yang memiliki tingkat kemiringan hingga 90°.

Jarak yang ditempuh untuk sampai ke Base Camp Montana - Cibodas adalah 9 jam, melewati beberapa pos yaitu Tanjakan/Turunan Setan, Kandang Batu, Kandang Badak, Air Panas, Pertigaan Air Terjun Cibeureum, Jembatan Rawa, dan Telaga Biru dengan medan tempuh yang penuh bebatuan berbentuk tangga dan basah. Cukup berbahaya jika dilalui saat malam hari.

12 mei 2014
Istirahat sejenak di Base Camp Montana adalah keputusan terbaik kami berhubung kondisi kami yang sudah terlampau lelah. Pukul 09.00 kami pun kembali ke Bogor dan Jakarta.

Kesan & Saran:
1.       Bawalah barang seperlunya sehingga tidak membebani sesama pendaki saat pendakian;